PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 101739 SEI MENCIRIM TA 2024/2025

PUTRI, NURHALIZA, 2105030012 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 101739 SEI MENCIRIM TA 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (948kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (556kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi Powtoon pada mata pelajaran IPAS materi Tata Surya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPAS materi Tata Surya siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim T.A 2024/2025 tanpa menggunakan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata kelas kontrol (V-A) sebesar 71.96 Hasil belajar IPAS materi Tata Surya siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim T.A 2024/2025 dengan menggunakan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (V-B) sebesar 92.125 Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada mata pelajaran IPAS materi Tata Surya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim T.A 2024/2025, dibuktikan dengan hasil uji t-test yang memperoleh nilai thitung> ttabel = 6.591 > 2.011. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi Powtoon berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS materi Tata Surya siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Powtoon Animation Video, IPAS, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Ulfah Sari Rezeki, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0106129001
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email Nurhaliza Putri
Date Deposited: 14 May 2025 06:32
Last Modified: 14 May 2025 06:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item