PUTRI, NURHALIZA, 2105030012 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 101739 SEI MENCIRIM TA 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (948kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (556kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (108kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi Powtoon pada mata pelajaran IPAS materi Tata Surya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPAS materi Tata Surya siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim T.A 2024/2025 tanpa menggunakan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata kelas kontrol (V-A) sebesar 71.96 Hasil belajar IPAS materi Tata Surya siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim T.A 2024/2025 dengan menggunakan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (V-B) sebesar 92.125 Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada mata pelajaran IPAS materi Tata Surya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim T.A 2024/2025, dibuktikan dengan hasil uji t-test yang memperoleh nilai thitung> ttabel = 6.591 > 2.011. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi Powtoon berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS materi Tata Surya siswa kelas V SDN 101739 Sei Mencirim.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Powtoon Animation Video, IPAS, Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with email Nurhaliza Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 May 2025 06:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 May 2025 06:32 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |