PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI 065011 ASAM KUMBANG T.P 2024/2025

SINAGA, HANI CELLI AURORA, 2105030335 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI 065011 ASAM KUMBANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER HANI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK HANI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (459kB)
[img] Text
BAB I HANI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (632kB)
[img] Text
BAB II HANI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (566kB)
[img] Text
BAB III-V HANI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HANI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN HANI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi IPAS kelas IV UPT SD Negeri 065011 Asam Kumbang TP. 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain pretestposttest.Kegiatan penelitian berlangsung dari 28 November hingga 5 Desember 2024, dengan populasi sebanyak 58 siswa kelas IV. Sampel penelitian terdiri dari kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa (13 laki-laki dan 17 perempuan) serta kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan 28 siswa (11 lakilaki dan 17 perempuan). Analisis data menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar, dengan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 80,00, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 69,66. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen dua faktor dengan taraf signifikansi (α) 0,05 menghasilkan nilai t hitung sebesar 3,19, yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,00. Hasil ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning(PjBL) berbantuan media Puzzle berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi IPAS kelas IV.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Puzzle media, learning outcomes.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina Siregar, S.Pd.,M.Pdtiolinahotma@gmail.com0112078003
Pembimbing IIDr.Srie Faizah Lisnasari, M.Sifaizahsrie2502@gmail.com25026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hani sinaga
Date Deposited: 01 Apr 2025 03:12
Last Modified: 01 Apr 2025 03:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item