PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA PAPAN KANTONG TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS III UPT SPF SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH T.P 2024/2025

BILBINA, SILVI, 2105030218 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA PAPAN KANTONG TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS III UPT SPF SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PPKn yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan media papan kantong siswa kelas III yang berjumlah 48 orang yang terbagi dalam 2 kelas dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pre test dan post test. Alat pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk essay dan berjumlah 4 buah butir soal pada ranah kognitif C2 dan C3. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Penelitian ini diperoleh hasil belajar PPKn siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan media papan kantong diperoleh rata-rata 82,92, hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa media papan kantong diperoleh rata-rata 75,62 dan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,34 > 2,01 dengan taraf signifikan 5% yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan media papan kantong terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III UPT SPF SD Negeri 101864 Gunung Rintih Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Civics Education Learning Outcomes, Discovery Learning Model, Pocket Board Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Hartono Sembiring, M.Pdono366@gmail.comNIDN. 19065702
Pembimbing IIJuliana br Simbolon, S.P.,M.Sijulianauq@gmail.comNIDN. 118077802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Silvi Bilbina
Date Deposited: 09 May 2025 06:55
Last Modified: 09 May 2025 06:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item View Item