PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI POLA HIDUP BERGOTONG ROYONG DI KELAS IV UPT SD NEGERI 064025 FLAMBOYAN RAYA T.P 2024/2025

SEMBIRING, NURUL ARIFIN BR, 2105030004 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI POLA HIDUP BERGOTONG ROYONG DI KELAS IV UPT SD NEGERI 064025 FLAMBOYAN RAYA T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (320kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (969kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata Pelajaran Pkn Materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata Pelajaran Pkn Materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025. 3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan materi pola hidup bergotong royong terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata Pelajaran Pkn Materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu terdiri dua kelas IV-B berjumlah 25 siswa dan IV-C berjumlah 25 siswa. Sampel dari penilitian ini 50 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 58,4. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu 84,52. (3) Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa dengan jumlah nilai hasil belajat diperoleh nilai signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t sehinngga diperoleh data nilai posttest kelas IV yaitu thitung 5,14> ttabel 2,010, maka dapat disimpulkan disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SDN 064025 Flamboyan Raya T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Cooperative learning model, jigsaw
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIDr. SRIE FAIZAH LISNASARI, M.Sifaizahsrie2502@gmail.comNIDN. 25026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username NURUL ARIFIN BR SEMBIRING
Date Deposited: 11 May 2025 05:16
Last Modified: 11 May 2025 05:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3281

Actions (login required)

View Item View Item