KEMBAREN, PUTRI DWI ANGGRENI BR, 2105030052 (2025) PENGEMBANGAN WORKSHEET BERBASIS NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 105304 SARILABA JAHE KEC.SIBIRU-BIRU KAB.DELI SEDANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (290kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (549kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (92kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (481kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyalakan tingkat kevalidan serta kepraktisan media pembelajaran worksheet di SD Negeri 105304 Sarilaba Jahe, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Dilaksanakan pada tanggal 28 November 2024, penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar angket validasi oleh validator media dan materi, serta angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan. Sebanyak 13 siswa berpartisipasi dalam pengisian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran worksheet memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi, dengan skor validasi dari validator materi sebesar 100% dan validator media sebesar 87,5%, yang di nilai “sangat valid” dengan jumlah ratarata kevalidan diperoleh sebesar 93,75% maka termasuk dalam kategori “sangat valid”. Kepraktisan media juga dinilai sangat baik, dengan respon guru mencapai 100% dengan kreteria sangat praktis dan respon siswa sebesar 92% sangat praktis dengan jumlah rata-rata praktis diperoleh sebesar 96% maka termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran worksheet yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Media ini dapat menjadi referensi dalam pembelajaran, khususnya pada materi Pecahan, sehingga diharapkan dapat dimanfaat secara optimal di sekolah.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Worksheet, Development, Fractions | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username putri dwi | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 May 2025 06:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 May 2025 06:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |