PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAN PADA SISWA KELAS V DI UPT SDN 067952 MEDAN JOHOR

SIHOMBING, PERSISTENT, 2105030063 (2025) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAN PADA SISWA KELAS V DI UPT SDN 067952 MEDAN JOHOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL Persistent Sihombing.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (288kB)
[img] Text
Abstrak Persistent Sihombing.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB)
[img] Text
Bab I Persistent Sihombingt.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[img] Text
BAB II Persistent Sihombing.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V Persistent Sihombing.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Persistent.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN Persistent Sihombing.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca cerpen terhadap kemampuan memahami bacaan pada siswa kelas V di UPT SDN 067952 Medan Johor T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Quasi eksperimen merupakan penelitian yang digunakan untuk mencari perlakuan tertentu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kebiasaan membaca cerpen dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami bacaan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa essay. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh nilai rata-rata 86 pada kelas yang pembelajaran dengan kebiasaan membaca cerpen yang masuk dalam kriteria tinggi, dan diperoleh nilai rata-rata 75,4 pada kelas tanpa kebiasaan membaca cerpen. Ada pengaruh yang signifikan melalui kebiasaan membaca cerpen terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas V SDN 067952 Medan Johor T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Habit of reading short stories, Reading comprehension ability, Grade V Elementary School
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I., M.Pd.widiyartigemala@gmail.com0123098602
Pembimbing IIHasni Suciawati, M.Pd.hasnisuciawati@gmail.com0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username persistent
Date Deposited: 13 May 2025 01:38
Last Modified: 13 May 2025 01:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item