SIHOMBING, PERSISTENT, 2105030063 (2025) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAN PADA SISWA KELAS V DI UPT SDN 067952 MEDAN JOHOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
SAMPUL Persistent Sihombing.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (288kB) |
![]() |
Text
Abstrak Persistent Sihombing.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (174kB) |
![]() |
Text
Bab I Persistent Sihombingt.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB II Persistent Sihombing.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III-V Persistent Sihombing.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Persistent.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (148kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN Persistent Sihombing.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca cerpen terhadap kemampuan memahami bacaan pada siswa kelas V di UPT SDN 067952 Medan Johor T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Quasi eksperimen merupakan penelitian yang digunakan untuk mencari perlakuan tertentu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kebiasaan membaca cerpen dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami bacaan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa essay. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh nilai rata-rata 86 pada kelas yang pembelajaran dengan kebiasaan membaca cerpen yang masuk dalam kriteria tinggi, dan diperoleh nilai rata-rata 75,4 pada kelas tanpa kebiasaan membaca cerpen. Ada pengaruh yang signifikan melalui kebiasaan membaca cerpen terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas V SDN 067952 Medan Johor T.P 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Habit of reading short stories, Reading comprehension ability, Grade V Elementary School | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username persistent | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2025 01:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2025 01:38 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |