PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 101845 SUKAMAKMUR T.P 2024/2025

TRIDWIYUNI LILI, 2105030155 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 101845 SUKAMAKMUR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER LILI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (577kB)
[img] Text
ABSTRAK LILI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
BAB 1 LILI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (228kB)
[img] Text
BAB II LILI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[img] Text
BAB III-V LILI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (582kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LILI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN LILI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match dengan berbantuan media kartu bergambar materi ekosistem pada rantai makanan pada mata pelajaran IPAS dilaksanakan di kelas V SD Negeri 101845 Sukamakmur. Adapun masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi ekosistem pada rantai makanan. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas kelas V-A (eksperimen) sebanyak 26 siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar dan kelas V-B (kontrol) sebanyak 26 siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match tanpa menggunakan media kartu bergambar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan nila rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media kartu bergambar adalah 83 dan rata-rata nilai akhir siswa kelas kontrol tanpa menggunakan media kartu bergambar adalah 73. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu bergambar pada mata pelajaran IPAS materi ekosistem pada rantai makanan lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan model pembelajaran make a match tanpa berbantuan media kartu bergambar pada mata pelajaran IPAS materi ekosistem pada rantai makanan di kelas V SD Negeri 101845 Sukamakmur T.P 2024/2025. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPAS, Kartu Bergambar

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Social Natural Science, Picture Cards
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISejahra, M.Pdsejahtra021@gmail.com17096602
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd., M.Pdtiganrupina@gmail.com111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Lili Tridwiyuni
Date Deposited: 26 May 2025 07:25
Last Modified: 26 May 2025 07:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3334

Actions (login required)

View Item View Item