PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI SIMBOL PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 067243 KEC. MEDAN SELAYANG T.P 2024/2025

SEMBIRING, NELLI BR, 2105030018 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI SIMBOL PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 067243 KEC. MEDAN SELAYANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (539kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasıl belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan materi simbol pancasila kelas IV di SD Negeri 067243Kec. Medan Selayang. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental dengan desain penelitian One group pretes postest desingns . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang. instrumen penelitian melalui tes essay 5 soal . Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial, khususnya uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan powtoon .Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan media powtoon memperoleh nilai Rata- Rata 58,10 . Setelah menggunakan media powtoon terhadap hasil belajar Pkn siswa memperoleh nilai rata rata 80,00. Hal ini maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan menunjukkan bahwa media pembelajaran Powtoon efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi simbol-simbol Pancasila penggunaan media Powtoon dapat direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif dan menarik dalam pembelajaran Pkn materi simbol pancasila kelas IV sd Negeri 067243 Kec. Medan Selayang T.P 2024/2025

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Powtoon Media, Learning Outcomes, Pancasila Symbols, Civics
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username NELLI BR SEMBIRING
Date Deposited: 11 May 2025 05:24
Last Modified: 11 May 2025 05:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item View Item