PASARIBU, ARMEN DINAMIKA, 2105030265 (2025) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA IPASMATERI TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN SISWA KELAS 5 SD NEGERI 101856 GUNUNG RINTIH T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (253kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (528kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (137kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian bagi pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) Materi Teknologi Untuk Kehidupan Kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih. Penelitian ini berpopulasi di Kelas V SD Negeri 1018156 Gunung Rintih dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan lembar kerja peserta didik berbasis project based learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang mencakup empat langkah antara lain: Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop),Pwnywbaran (disseminate).Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui Penelitian ini menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas V dan peserta didik kelas V SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran lembar kerja peserta didik pada materi teknologi untuk kehidupan kelas V SD" Sangat Valid" dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 2,9 dan setelah melakukan revisi kepada ahli media, dihasilkan kembali 3,9 dengan kategori "Sangat Valid", oleh ahli materi dihasilkan 2,9 dan setelah revisi kepada ahli materi dihasilkan kembali 3,8 dengan kategori "Sangat Valid". Rincian Presentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas V SD melalui angket Respon Guru sebesar 3.8 dengan kategori "Sangat Praktis", dan Respon peserta didik kelas IV SD sejumlah 26 orang sebesar 3,6 dengan kategori "Sangat Praktis". Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lembar kerja peserta didik (LKPD) ada materi Teknologi bagi kehidupan kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih "Sangat Valid" dan "Sangat Praktis" digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: LKPD, Project Based Learning, IPAS | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Armen dinamika | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2025 01:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2025 01:59 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |