PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI MENGENAL ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 101856 GUNUNG RINTIH T.P 2024/2025

NADIA BARASA, 2105030046 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI MENGENAL ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 101856 GUNUNG RINTIH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (376kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (526kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (803kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media Powerpoint interaktif pada pembelajaran IPAS materi Mengenal Organ Pernapasan Manusia di kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih. Penelitian ini berpopulasi di kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran Powerpoint interaktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang mencakup lima langkah antara lain: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi sedangkan data uji kepraktisan dilakukan oleh guru kelas V dan peserta didik kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Powerpoint interaktif pada pembelajaran IPAS materi Mengenal Organ Pernapasan Manusia di kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih ‘’Valid’’ dengan rincian presentase Kevalidan yang diberikan oleh ahli media 71% dan setelah melakukan revisi kepada ahli media, dihasilkan kembali 98% dengan kategori ‘’Sangat Valid’’. Oleh ahli materi ‘’Sangat Valid’’ dengan rincian presentase 86 % dan setelah melakukan revisi kepada ahli materi, dihasilkan kembali 96% dengan kategori ‘’Sangat Valid’’. Rincian presentase Kepraktisan yang diberikan kepada guru kelas V SD melalui angket Respon guru sebesar 93% dengan kategori ‘’Sangat Praktis’’, dan Respon peserta didik kelas V SD sejumlah 26 orang sebesar 93% dengan kategori ‘’Sangat Praktis’’. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media Powerpoint interaktif pada pembelajaran IPAS materi Mengenal Organ Pernapasan Manusia di kelas V SD Negeri 101856 Gunung Rintih ‘’Sangat Valid’’ dan ‘’Sangat Praktis’’ digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: IPAS, Development, Interactive Powerpoint
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRITA HERLINA BR PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Nadia Barasa
Date Deposited: 14 May 2025 02:17
Last Modified: 14 May 2025 02:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3345

Actions (login required)

View Item View Item