PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DIKELAS IV SD NEGERI 101856 GUNUNG RINTIH T.A 2024/2025

SEMBIRING, JESIKA BR, 2105030045 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DIKELAS IV SD NEGERI 101856 GUNUNG RINTIH T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (271kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (629kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (55kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Peneliti pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media Smart Box pada pembelajaran IPAS materi keberagaman budaya di kelas IV SD NEGERI 101856 Gunung Rintih. Penelitian ini berpopusi pada di Kelas IV SD 191856 Gunung Rintih dan menjadi sempel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101856 Gunung Rintih penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keperaktisan media pengembangan Smart Box. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development (R&D). dengan model ADDIE yang mencangkup lima langkah antara lain: Analisis (Analisis), Desain (Desain), Pengembangan (Development), Impementasi (Impelementation),Evaluasi (Evaluation). Teknik pengembangan data pada penelitian ini dilakukan melalui penelitian menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi sedangkan data kepraktisan oleh guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SD. Istrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Smart Box pada materi keberaagaman budaya kelas IV SD 101856 Gunung Rintih “ Sangat Valid’’. Dengan rincihan presentasi kevalidan yang diberikan oleh ahli media 66,6% dan setelah melakukan revisi dengan ahli media, dihasilkan kembali 95% dengan kategori “sangat valid ’’. Oleh ahli materi 68,3 % dan setelah melakukan revisi dengan ahli materi, dihasilkan kembali 95% dengan kategori “ Sangat Valid ’’. Rincihan presentasi keprktisan yang diberikan oleh guru melalui angket kelas IV SD melalui angket reson guru sebesar 93,3% dengan kategori “Sangat Praktis’’, dan respon peserta didik kelas IV SD sejumlah 31 oarang sebesar 94,78 % dengan kategori “Sangat Praktis’’. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Box pada materi keberagaman budaya kelas IV SD Negeri 101856 Gunung Rintih (“ Sangat Valid”). Dan (“Sangat Praktis”) digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: IPAS, Development , Smart Box
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRITA HERLINA BR PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Jesika br Sembiring
Date Deposited: 14 May 2025 02:23
Last Modified: 14 May 2025 02:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item