SINAGA, ANJELIKA, 2105030053 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAMPANG, ASYIK, DAN MENYENANGKAN (GASING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI MATEMATIKADI KELAS III SD NEGERI 105324 UJUNG SERDANG T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (194kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (403kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (21kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (925kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa kelas III yang mendapat perlakuan dengan metode pembelajaran matematika GASING dan siswa kelas III yang tidak mendapat perlakuan dengan metode GASING. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode quasi eksperimental dengan desain non-equaivalent control group design. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa tes essay dibatasi dengan ranah kognitif C2 dan C3 yaitu melihat hasil belajar pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah selurus siswa kelas III SD Negeri 105324 Ujung Serdang T.A 2024/2025 yang berjumlah 15 dan 15 siswa yang terbagi dua kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 30 orang siswa. Waktu penelitian dilaksanakan waktu semester ganjil tahun ajaran 2024 yaitu 28 November 2024 pelaksanaan pre test dan perlakuan serta post test pada tanggal 29 November 2024. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah perlakuan mengajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (GASING) memperoleh rata-rata 75,67, sementara siswa yang tanpa menggunakan metode pembelajaran Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (GASING) memperoleh rata-rata 62,33. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (GASING) dikelas III SD Negeri 105324 Ujung Serdang. T.A 2024/2025. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh posttest Thitung lebih besar dari nilai Ttabel (2,30 > 1,70) yang artinya Hо ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa pengaruh pembelajaran matematikan GASING memepengaruhi hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 105324 Ujung Serdang.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: learning outcomes, GASING Mathematics learning method | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Anjelika sinaga | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 May 2025 03:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 May 2025 03:04 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |