PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATERI WUJUD ZAT KELAS III UPT SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025

PUSPITASARI, YOHANA ARIF, 2105030214 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATERI WUJUD ZAT KELAS III UPT SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (251kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (504kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (64kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kevalidan dan Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development dengan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian telah dilaksanakan di UPT SD Negeri 068003 Medan Tuntungan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III B UPT SD Negeri 068003 Medan Tuntungan yang berjumlah 30 siswa dan yang menjadi Sampel penelitian dalam uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan berupa Angket. Hasil penelitian menunjukkan Kevalidan dilihat dari hasil keseluruhan validator berupa lembar validasi penilaian dengan nilai rata-rata 92,72% dengan kategori Sangat Valid, serta Kepraktisan dapat dilihat dari hasil angket respon guru dan angket respon siswa dengan nilai rata-rata 93,32% dengan kategori Sangat Praktis. Simpulan penelitian ini adalah Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Materi Wujud Zat yang dikembangkan dinyatakan Sangat Valid dan Sangat Praktis dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran. Guru yang menggunakan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam Pembelajaran dan dapat dimanfaatkan sebagai Media Pembelajaran disekolah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Development, Learning Media, Canva Based Animation Videos
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIGEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Yohanasari
Date Deposited: 10 May 2025 05:00
Last Modified: 10 May 2025 05:00
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item