PUSPITASARI, YOHANA ARIF, 2105030214 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATERI WUJUD ZAT KELAS III UPT SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (212kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (504kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (64kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kevalidan dan Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development dengan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian telah dilaksanakan di UPT SD Negeri 068003 Medan Tuntungan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III B UPT SD Negeri 068003 Medan Tuntungan yang berjumlah 30 siswa dan yang menjadi Sampel penelitian dalam uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan berupa Angket. Hasil penelitian menunjukkan Kevalidan dilihat dari hasil keseluruhan validator berupa lembar validasi penilaian dengan nilai rata-rata 92,72% dengan kategori Sangat Valid, serta Kepraktisan dapat dilihat dari hasil angket respon guru dan angket respon siswa dengan nilai rata-rata 93,32% dengan kategori Sangat Praktis. Simpulan penelitian ini adalah Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Materi Wujud Zat yang dikembangkan dinyatakan Sangat Valid dan Sangat Praktis dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran. Guru yang menggunakan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam Pembelajaran dan dapat dimanfaatkan sebagai Media Pembelajaran disekolah.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Development, Learning Media, Canva Based Animation Videos | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Yohanasari | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 May 2025 05:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 May 2025 05:00 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |