PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERPEN DI UPT SD NEGERI 060973 ASAM KUMBANG T.P 2024/2025

ANANDA APRILIANA, 2105030236 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERPEN DI UPT SD NEGERI 060973 ASAM KUMBANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (147kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (52kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran jigsaw, hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw, dan pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran jigsaw pada materi cerpen kelas V SD Negeri 060973 Asam Kumbang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060973 Asam Kumbang T.P 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-B Sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa dan kelas V-C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes awal siswa diperoleh 47 di kelas kontrol dan 42,4 di kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 72.8 di kelas kontrol dan 79,8 di kelas eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai yang signifikan, yaitu nilai thitung = 3,80 dan nilai ttabel = 2,01, karena nilai thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerpen di SD Negeri 060973 Asam Kumbang T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning outcomes, Jigsaw learning model, Indonesian Language.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISITI RAKIYAH, S.Pd., M.HumSitirakiyah09@gmail.comNIDN. 110058507
Pembimbing IIHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Ananda
Date Deposited: 13 May 2025 04:38
Last Modified: 13 May 2025 04:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3359

Actions (login required)

View Item View Item