PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SPF SDN 106177 TUNGKUSAN T.P 2024/2025

MANIK, VEGI AGUSTINA BR, 2105030192 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SPF SDN 106177 TUNGKUSAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (448kB)
[img] Text
ABSTRACK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 106177 Tungkusan Kec STM Hilir, dimana hanya 35% siswa yang mencapai ketuntasan, sementara 65% lainnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang kurang tepat dan ervaiasi, sehingga memengaruhi pencapaian siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learing berbantuan media gambar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 106177 Tungkusan Kec STM Hilir. Penelitian dilaksanakan pada 4 Desember – 6 Desember 2024 dengan populasi seluruh siswa kelas VA dan VB sebanyak 36 siswa, yang semuanya menjadi sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah kuantitaif dengan desain eksperimen semu (Quasi-Experimental), yaitu desain prestest-posttest kelompok kontrol. Kelompok eksperimen (kelas VA) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelompok kontrol (VB) tidak. Hasil pretest menunjukan rata-rata nilai kelas VA adalah 44 dan kelas VB adalah 65. Setelah perlakuan, hasil posstest menjadi 87,77 pada kelas VA dengan kategori sangat baik dan 73,8 pada kelas VB dengan kategori baik. Uji hipotesis menghasilkan t hitung (5,51) > t tabel (1,69), menunjukkan Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media gambar siswa terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 106177 Tungkusan. Kesimpulannya, model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD Negeri 106177 Tungkusan Kec STM Hilir.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Science, Image Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Pembimbing IIR.L. HOLMES PARHUSIP, S.Pd., M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN. 0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Vegi Agustina
Date Deposited: 13 May 2025 06:00
Last Modified: 13 May 2025 06:00
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item View Item