PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI PERKEMBANGBIAKAN TANAMAN SD NEGERI 105316 BERANTI

REFILIUS LAIA, 2005030036 (2025) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI PERKEMBANGBIAKAN TANAMAN SD NEGERI 105316 BERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Minat belajar siswa tanpa menggunakan media animasi dalam pembelajaran IPAS materi perkembangbiakan tanaman di kelas IV SD Negeri 105316 Beranti. 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan media animasi dalam pembelajaran IPAS materi perkembangbiakan tanaman di kelas IV SD Negeri 105316 Beranti. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran IPAS materi perkembangbiakan tanaman di kelas IV SD Negeri 105316 Beranti. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dan kelas kontrol dan kelas eksperimen Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas IV yang berjumlah 19 siswa. Sampel penelitian kelas IVB 8 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IVA 11 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini memperoleh nilai Rata-rata pada Responden Kelas Kontrol sebesar 72,7 dan Responden Kelas eksperimen sebesar 83,3 Berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai uji t dengan ketentuan thitung>ttabel yang memperoleh nilai uji t 5,195 > 2,042, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV SD pada pembelajaran IPAS materi perkembangbiakan tanaman di SD Negeri 105316 Beranti.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Quasi-Experiment, Animated Media, Student Learning Interest
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISITI RAKIYAH, S.Pd., M.HumSitirakiyah09@gmail.comNIDN. 110058507
Pembimbing IIR.L. HOLMES PARHUSIP, S.Pd., M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN. 0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Refilius laia
Date Deposited: 08 May 2025 06:36
Last Modified: 08 May 2025 06:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item