PENGARUH GAME BASED LEARNING TERHADAP KEMAPUAN NUMERASI SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025

GINTING, GERES JULIANI BR, 2105030121 (2025) PENGARUH GAME BASED LEARNING TERHADAP KEMAPUAN NUMERASI SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Skripsi Gres.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (770kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Gres Juliani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (740kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Gres Juliani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (864kB)
[img] Text
BAB III-V Skripsi Gres Juliani.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Gres.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (607kB)
[img] Text
Lampiran Skirpsi Gres.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa di Kota Medan, di mana hanya mencapai 50% hingga 65% yang memiliki kemampuan numerasi yang memadai. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang tepat dan bervariasi, sehingga memengaruhi pencapaian siswa dalam numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Game based learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor. Penelitian dilaksanakan pada 18- 19 Novemeber 2024 dengan populasi seluruh siswa kelas III-A dan III-B sebanyak 40 siswa, yang semuanya menjadi sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi-Experimental), yaitu desain pretest- posttest kelompok kontrol. Kelompok eksperimen (kelas III-A) menggunakan model Game based learning, sedangkan kelompok kontrol (kelas III-B) tanpa menggunakan model tersebut. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai kelas III-A adalah 35 dan kelas III-B adalah 37,5. Setelah perlakuan, hasil posttest meningkat menjadi 81 pada kelas III-A dengan kategori kemampuan numerasi (baik) dan 60 pada kelas III-B kemampuan numerasi (cukup baik). Uji hipotesis menghasilkan thitung (2,9558) > ttabel (2,0243), menunjukkan Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh signifikan penggunaan game based learning terhadap kemampuan numerasi siswa. Kesimpulannya, terdapat pengaruh penggunaan model game based learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor. Kata Kunci: Game based learning, Quasi-Experimental, kemampuan numerasi

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GAME BASED LEARNING, QUASI EXPERIMENTAL, NUMERACY SKILL
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Silisnasari.2502@gmail.com0025026706
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, S.Pd.,M.Pdjuniko.tarigan@gmail.com0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: GERES JULIANI BR GINTING Matius Ginting
Date Deposited: 19 May 2025 09:14
Last Modified: 19 May 2025 09:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item