PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 101816 PANCUR BATU T.P 2024/2025

TARIGAN, PUTRI ELSA DEA BR, 2105030310 (2025) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 101816 PANCUR BATU T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SKRIPSI Putri Elsa Dea Br Tarigan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (669kB)
[img] Text
ABSTRAK Skripsi Putri Elsa Dea Br Tarigan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Putri Elsa Dea Br Tarigan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Putri Elsa Dea Br Tarigan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
BAB III - V Skripsi Putri Elsa Dea Br Tarigan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (496kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi Putri Elsa Dea Br Tarigan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN Skripsi Putri Elsa Dea Br Tarigan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 101816 Pancur Batu. Latar belakang penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pengajaran yang monoton dan kurangnya variasi dalam proses pembelajaran. Dalam konteks ini, media pembelajaran interaktif animasi diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan ketertarikan dan motivasi siswa dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media interaktif animasi dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Populasi penelitian terdiri dari 66 siswa kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu IV A dan IV B. Instrumen penelitian meliputi pre-test dan post-test yang dirancang untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan media interaktif animasi memperoleh nilai rata-rata 80, sedangkan siswa yang diajar tanpa media tersebut memperoleh nilai rata-rata 63. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji statistik menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media interaktif animasi, dengan nilai t hitung 5,3 yang lebih besar dari t tabel 1,9. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini juga mencakup refleksi dan penilaian terhadap proses pembelajaran yang dilakukan, serta memberikan rekomendasi untuk lebih memanfaatkan media dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif animasi tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik di sekolah dasar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interactive Learning Media, Animation, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IVera Dewi Kartini Ompusunggu, S.Pd, M.Pdnasranidua_ompusunggu@yahoo.com0121048704
Pembimbing IIAras Firdaus, S.H, M.Hrechtraz@gmail.com0104019002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Putri Elsa
Date Deposited: 19 May 2025 05:15
Last Modified: 19 May 2025 05:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3382

Actions (login required)

View Item View Item