PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD SWASTA NASRANI MEDANTAHUN PELAJARAN 2024/2025

Tambunan, Friska Desianna BR, 2005030083 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD SWASTA NASRANI MEDANTAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (631kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Intergrated Readingand Composition (CIRC) terhadap hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas V SDS Nasrani 1 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Desain penelitian yang dipilih adalah non equivalent control group design dimana kelas VB dijadikan sebagai kelas eksperimen, dan kelas VA dijadikan sebagai kelas kontrol. Kelas VB selaku kelas eksperimen akan diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Cooperative Intergrated Readingand Composition (CIRC) pada materi menulis puisi. Sedangkan kelas VA selaku kelas kontrol akan diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Intergrated Readingand Composition (CIRC) pada materi yang sama yaitu menulis puisi. Setelah kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kemudian peneliti membagikan soal posttest untuk dikerjakan siswa. Data hasil posttest yang terkumpul dari kedua kelas diperoleh nilai rata-rata posttes kelas VA yaitu 70,00. Sedangkan hasil posttes kelas VB adalah 90,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDS Nasrani 1 Medan yang menerima pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Intergrated Readingand Composition (CIRC) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Intergrated Readingand Composition (CIRC). Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dibantu dengan aplikasi ms Excel 2010 dengan pengujian uji-t (t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances). Berdasarkan pengujian diperoleh nilai thitung = 3,56 dan ttabel = 2,13 maka nilai thitung > ttabel atau 3,56 > 2,13. Sehingga diterima Ha atau Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Cooperative Intergrated Readingand Composition (CIRC) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDS Nasrani 1 Medan tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CIRC,Learning Outcomes,Indonesian Language
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMuhammad Dailani S.PD.,M.Pd, M.Pdmddaniboys@gmail.com0128088804
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan S.Pd.,M.Pd, M.Pdtiganrupina@gmail.com111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Friska Desianna Tambunan
Date Deposited: 13 May 2025 03:47
Last Modified: 13 May 2025 03:47
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item