PENGARUH MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 106832 SUKAMANDI HULU T.A 2024/2025

INDAH MEILANA, 2105030355 (2025) PENGARUH MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 106832 SUKAMANDI HULU T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (335kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (234kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (480kB)

Abstract

Berbagai hambatan yang terjadi saat proses pembelajaran IPA di SD salah satunya yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih rendah karena proses pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi. Peneliti ini bertujuan untuk:1) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa,2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL berbantuan media video pembelajaran,3) Mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah penggunaan model pembelajaran PjBL,Berbantuan media video pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mengacu pada jenis pendekatan peneltian quasi eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes essay sebanyak 5 soal.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 106832 Sukamandi Hulu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV-a dengan jumlah siswa 19 orang dan kelas IVb 19 siswa.Teknik analisis data dalam peneliti ini adalah uji normalitas,uji homogenitas,uji-t dua sampel,dan persentase peningkatan siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa:(1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir siswa antara diterapkan model pembelajaran PjBL berbantuan media video pembelajaran dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran konsensional. Sebelum melakukan model pembelajaran berbantuan media video. pembelajaran nilai rata-rata tes awal kelas IV-a = 36,47 dan nilai rata-rata kelas I V-b = 44,89. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV-a dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 84,21 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas IV-b dengan menggunakan Media Video memperoleh nilai 79,52. kesimpulan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Project Basede Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 106832 Sukamandi Hulu Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Teaching Model_Project-Based Learning (PjBL)_Science Learning Outcomes.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIRINCI SIMBOLON, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Indah meilana
Date Deposited: 09 May 2025 08:58
Last Modified: 09 May 2025 08:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3408

Actions (login required)

View Item View Item