PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK SISWA KELAS IV SD NEGERI 101739 SEI MENCIRIM TAHUN PELAJARAN 2024/2025

SEMBIRING, FEBYOLA BR, 2105030088 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK SISWA KELAS IV SD NEGERI 101739 SEI MENCIRIM TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER FEBY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (903kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (392kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (579kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi (FPB) dan (KPK) di kelas IV SD Negeri 101739 Sei Mencirim tahun pelajaran 2024/2025. Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika materi FPB dan KPK siswa kelas IV SD Negeri 101739 Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2024/2025 tanpa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa test uraian, dibatasi dengan ranah kognitif C3 dan C4 yaitu melihat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV dan sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu kelas IV-A dan IV-C . Penelitian telah dilakukan di Kelas IV SD Negeri 101739 Sei Mencirim yang beralamat Jl. Johar, Sei Mencirim, Kec. Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika materi FPB dan KPK siswa kelas IV SDN 101739 Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD diperoleh nilai 90.11 dengan kategori sangat tinggi. Dan tanpa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD diperoleh nilai 74.08 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika materi FPB dan KPK siswa kelas IV SDN 101739 Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2024/2025. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil uji-t yang mempengaruhi nilai t_hitung>t_(tabel )=5.107>2.010 ,sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD, Problem-Solving, FPB, KPK
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Zahara H. Harahap, M.Pdzahraharahap.zh@gmail.com0114078802
Pembimbing IIDr. Ulfah Sari Rezeki, M.Pdulfahsari6@gmail.com106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Feby Ola Br Sembiring
Date Deposited: 19 May 2025 01:58
Last Modified: 19 May 2025 01:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item