PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP KELAS 3 UPT SDN 060935 KWALA BEKALA T.A 2024/2025

INDRA SUPERTA SIANTURI, SIANTURI (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP KELAS 3 UPT SDN 060935 KWALA BEKALA T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar IPAS pada materi ciri-ciri makhluk hidup di Kelas III UPT SDN 060935 Kwala Bekala T.A 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 22 orang yang terbagi menjadi dua kelas dan dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan berganda dengan jumlah total 20 soal. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 060935 Kwala Bekala T.A 2024/2025 yang menerima pembelajaran menggunakan metode pembelajaran outdoor study lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan metode pembelajaran outdoor study. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai > = 2,204 > 2,086 yang artinya ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran outdoor study pada pelajaran IPAS dengan materi Ciri-ciri Mahluk Hidup di kelas III UPT SDN 060935 Kwala Bekala T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Study, Learning Outcomes, IPAS
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDSITI RAKIYAH, S.Pd., M.HumSitirakiyah09@gmail.comNIDN 110058507
UNSPECIFIEDVINA MARIA OMPUSUNGGU, S.Sos.MSPvinaompusunggu@gmail.comNIDN 0107038901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Indra Superta
Date Deposited: 09 May 2025 07:03
Last Modified: 09 May 2025 07:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item