PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 060934 MEDAN T.A 2024/2025

GINTING, MARIA IRENA BR, 2105030251 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 060934 MEDAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (396kB)
[img] Text
ABSTRAK skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (165kB)
[img] Text
BAB 1 skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (199kB)
[img] Text
BAB 2 skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (691kB)
[img] Text
BAB 3, 4, 5 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (486kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi Gaya di sekitar kita di kelas IV SD Negeri 060934 Kwala Belaka, Medan Johor. Penelitian ini menggunakan Kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060934 Kwala Bekala, Medan Johor yang berjumlah 34 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen IV-A yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional sebanyak 19 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah tes Essay berupa pre-test dan post-test yang berjumlah 5 butir soal essay. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar siswa diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t untuk kelas eskperimen dan kelas control, nilai uji t yang diperoleh yaitu t_hitung = 6,960 dan t_tabel = 2,045. Karena t_hitung < t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 060934 Kwala Bekala, Medan Johor Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata kunci: Media gambar, hasil belajar, IPAS

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: image media, learning outcomes, science
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal Togatorap, S.Pd.,M.Pdjainaltogatorop@gmail.com0124028702
Pembimbing IIDr Arus Firdaus, SH.,MHrechtraz@gmail.com0104019002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Maria Irena
Date Deposited: 15 May 2025 05:22
Last Modified: 15 May 2025 05:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item