PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS II UPT SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025

Tarigan, Puja kanniya Br, 2105030081 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS II UPT SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER PUJA (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Puja Kanniya Br Tarigan-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (254kB)
[img] Text
BAB I SELESAI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[img] Text
BAB II PUJA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB III-V PUJA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (548kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PUJA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN PUJA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa di Kota Medan, di mana hanya mencapai 60 dari skala 100. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang tepat dan bervariasi, sehingga memengaruhi pencapaian siswa dalam numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media konkret terhadap kemampuan numerasi siswa kelas II di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor. Penelitian dilaksanakan pada 18-19 Novemeber 2024 dengan populasi seluruh siswa kelas II-A dan II-B sebanyak 40 siswa, yang semuanya menjadi sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi-Experimental), yaitu desain pretest-posttest kelompok kontrol. Kelompok eksperimen (kelas II-B) menggunakan media konkret, sedangkan kelompok kontrol (kelas II-A) tidak menggunakan media konkret. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai kelas II-A adalah 55 dan kelas II-B adalah 49,5. Setelah perlakuan, hasil posttest meningkat menjadi 74 pada kelas II-A (baik) dan 91 pada kelas II-B (sangat baik). Uji hipotesis menghasilkan thitung (4,0341) > ttabel (2,0243), menunjukkan Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh signifikan penggunaan media konkret terhadap kemampuan numerasi siswa. Kesimpulannya, penggunaan media konkret efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas II di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: concrete media, numeracy skills
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr Srie Faizah Lisnasari, M.Sidosen@gmail.com0025026706
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, S Pd.,M.Pddosen@gmail com0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Puja
Date Deposited: 19 May 2025 08:26
Last Modified: 19 May 2025 08:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item