PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA COUNTING BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I UPT SDN 064990 KWALA BEKALA T.P 2024/2025

PERANGIN-ANGIN, VERONIKA BR, 2105030111 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA COUNTING BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I UPT SDN 064990 KWALA BEKALA T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (613kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (521kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (678kB)
[img] Text
BAB III-V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (422kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan tanpa menggunakan media counting box, (2) hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dengan menggunakan media counting box, (3) adakah pengaruh signifikan media counting box terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas I UPT SDN 064990 Kwala Bekala T.P 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 50 orang. Yang terdiri dari kelas I A eksperimen 25 orang siswa dan di kelas I B kontrol 25 orang siswa, titik alat pengumpul data berupa tes essay sebanyak 5 soal yang sudah divalidasi oleh validator. Hasil penelitian yaitu hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dengan menggunakan media counting box siswa kelas I UPT SDN 064990 Kwala bekala T.P 2024/2025 memperoleh nilai rata-rata pada pre test 55,4 dan pada post test nilai rata-rata 82, hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan tanpa menggunakan media counting box siswa kelas I memperoleh nilai rata-rata pada pre test 56,2 dan pada post test memperoleh nilai rata-rata 76,2. Terdapat pengaruh penggunaan media counting box terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I UPT SDN 064990 Kwala bekala T.P 2024/2025, berdasarkan analisis data diperoleh tes maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media counting box di kelas 1 maka hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung= 2,618 > ttabel = 1,67 maka data dapat disimpulkan (HO) ditolak atau (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa media counting box memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan siswa kelas I.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords : Counting Box, learning outcomes, Mathematics
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIRWANSYAH, S.Pd., M.Pdiirwan135@gmail.comNIDN. 115098701
Pembimbing IIVERA DEWI KARTINI OMPUSUNGGU, S.Pd., M.Pdnasraniduaompusunggu@yahoo.comNIDN. 121048704
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Veronika
Date Deposited: 09 May 2025 01:59
Last Modified: 09 May 2025 01:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item