PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPAS DI KELAS III SD 101809 AJIBAHO TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Tarigan, Deviyani, 2105030067 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPAS DI KELAS III SD 101809 AJIBAHO TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model problem based learning, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa model problem based learning, dan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning. Penelitian dilaksanakan di SD 101809 Ajibaho Tahun pembelajaran 2024/2025. Sebagai Populasi adalah siswa kelas III-A dan siswa kelas III-B dengan jumlah siswa kelas III-A 30 orang dan Kelas III-B ada 28 orang. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian quasi eksperimen dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan berganda. Dari analisis data dan hipotesis diperoleh: nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sisklus hidup manusia di kelas III-A SD 101809 Ajibaho diperoleh nilai rata-rata adalah 79,66. Hasil belajar IPAS siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tanpa Problem Based Learning pada materi siklus hidup manusia di kelas III-B SD 101809 Ajibaho diperoleh nilai rata-rata adalah 60. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dalam materi siklus hidup manusia pada mata pembelajaran IPAS di kelas III SD 101809 Ajibaho Tahun pembelajaran 2024/2025 diperoleh nilai t = 7,173 sedangkan nilai = 2,003. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Model¸ Science Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pdhotmatiolinasiregar80@gmail.comNIDN 0112078003
Pembimbing IIDrs.Yason Mendrofa, M.Pdyasonmendrofa52@gmail.comNIDN 102075901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Deviyani br tarigan
Date Deposited: 16 May 2025 02:08
Last Modified: 16 May 2025 02:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item