PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 104186 TJ.SELAMAT T.P 2024/2025

MUNTHE, MIRALDA ANGELIKA E, 2105030136 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 104186 TJ.SELAMAT T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (707kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran IPAS materi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia kelas III-B SD Negeri 104186 Tj. Selamat dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III-B SD Negeri 104186 Tj. Selamat. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis aplikasi canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Develoment (R&D) dengan model PPE yang mencakup tiga lagkah antara lain: Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui dengan menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi, sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas III dan peserta didik kelas III SD. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi canva pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia kelas III SD “Sangat Valid” dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 95% dengan kategori “Sangat Valid”, oleh ahli materi dihasilkan 96,6% dengan kategori “Sangat Valid”. Rincian persentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas III SD melalui angket Respon Guru sebesar 100% dengan kategori “Sangat Praktis” dan Respon peserta didik kelas III SD dengan subjek penelitian 6 siswa sebesar 88,3% dengan kategori “Sangat Praktis”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis canva pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia kelas III SD Negeri 104186 Tj. Selamat “Sangat Valid” dan “Sangat Praktis” digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Canva app-based learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHASNI SUCIAWATI, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.com0104048903
Pembimbing IISITI RAKIYAH, S.Pd., M.HumSitirakiyah09@gmail.com0110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Miralda Angelika
Date Deposited: 10 May 2025 03:17
Last Modified: 10 May 2025 03:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item