PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SDN 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025

ANGEKLIKA, FEBRYANI PUTRI, 2105030231 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SDN 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (674kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (627kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (986kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran keterampilan menulis siswa yang menggunakan model Pembelajaran Cooperative learning tipe group investigation terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Gambaran keterampilan menulis siswa tanpa menggunakan model pembelajaran coooperative learning tipe group investigation terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Cooperative learning tipe group investigation terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif , kuasi eksperimen (Quasi Experiment Research) dengan desain Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 siswa kelas V-A sebagai kelas kontrol, dan 20 siswa di kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhintungan rata-rata tes awal siswa diperoleh 51,85 di kelas eksperimen dan rata-rata 60,05 di kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhintungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 91,4 di kelas eksperimen dan rata-rata 85,8 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga data kelas kontrol da kelas eksperimen thitung = 4,262 > ttabel = 2,024. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SDNegeri 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning model of Group investigation, writing skills, short stories
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, M.PdRestiosidebang@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IIDrs. Yason Mendrofa, M.PdYasonmendrofa@gmail.comNIDN. 1020759901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Febryani
Date Deposited: 13 May 2025 06:11
Last Modified: 13 May 2025 06:11
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3466

Actions (login required)

View Item View Item