PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROKAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI KETERAMPILAN PASSING BAWAH DI KELAS V UPT SPF SDN 106177 TUNGKUSAN T.P 2024/2025

GINTING, RIFKA BR, 2105030047 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROKAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI KETERAMPILAN PASSING BAWAH DI KELAS V UPT SPF SDN 106177 TUNGKUSAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (773kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (439kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dari (1) gambaran keterampilan passing bawah siswa menggunakan model pembelajaran reciprokal siswa di kelas V SDN 106177 Tungkusan, (2) ) gambaran keterampilan passing bawah siswa tanpa menggunakan model pembelajaran reciprokal siswa di kelas V SDN 106177 Tungkusan, (3) adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprokal siswa dalam mengikuti belajar mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani materi keterampilan passing bawah siswa di kelas V SDN 106177 Tungkusan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian. Dimana rubrik bertujuan menilai siswa dalam passing bawah dan pertimbangan dalam melihat pengaruh model. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V A sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah observasi. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 91,4 di kelas ekprimen dan ratarata 85,8 di kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai tes akhir pada kelas ekprimen dan kontrol di distribusikan dalam tabel frekuensi absolut dan frekuensi relatif. Berdasarkan uji t maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,262 > 2,024 dengan taraf signifikan 0.05 yang menyatakan terima Ha dan tolak Ho maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Reciprokal berpengaruh signifikan terhadap keterampilan passing bawah kelas V SDN 106177 Tungkusan Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Influence, reciprokal learning of down passing skills
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIR.L. HOLMES PARHUSIP, S.Pd., M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN. 0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username RIFKA BR GINTING
Date Deposited: 08 May 2025 08:50
Last Modified: 08 May 2025 08:50
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3480

Actions (login required)

View Item View Item