PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SPF SD NEGERI 105324 UJUNG SERDANG T.P 2024/2025

TAMBA, ELSA MARIA, 2105030028 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SPF SD NEGERI 105324 UJUNG SERDANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SKRIPSI ELSA MARIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI ELSA MARIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI ELSA MARIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (258kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI ELSA MARIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (447kB)
[img] Text
BAB III-V SKRIPSI ELSA MARIA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ELSA MARIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI ELSA MARIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Question card di kelas IV UPT SPF SD Negeri 105324 Ujung Serdang T.P 2024/2025 dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen atau peneitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa kelas IV, baik dari kelas IV-A dan IV-B. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di kelas IV UPT SPF SD Negeri 105324 Ujung Serdang T.P 2024/2025 dengan mengambil dua sampel secara acak yaitu Kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen. Pada kelas Eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Question card. Sampel yang digunakan pada kelas eksperimen yaitu sebanyak 25 orang. Pada kelas kontrol yaitu sebanyak 37 orang. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran siswa maka didapat nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan Media Question Card adalah 79,2. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Model Problem Based Learning tanpa berbantuan Media Question Card adalah 68,78. Untuk uji hipotesis diperoleh nilai = 2,23 sedangkan = 2,00, maka nilai > terima H1 atau Ada pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning berbantuan Media Question Card pada mata pelajaran IPAS di kelas IV UPT SPF SD Negeri 105324 Ujung Serdang T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Model, Question Card Media, Science
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pdhotmatiolinasiregar80@gmail.comNIP.0112078003
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S.Pd., M.Smddaniboys@gmail.comNIP.0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Elsa Maria
Date Deposited: 15 May 2025 04:54
Last Modified: 15 May 2025 04:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item