SINUBULAN,ETIMANTA, 2105030350 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 104221 DESA HULU T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITS QUALITY.
![]() |
Text
COVER ETIMANTA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_Etimanta.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (773kB) |
![]() |
Text
BAB I ETIMANTA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (582kB) |
![]() |
Text
BAB II ETIMANTA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (843kB) |
![]() |
Text
BAB III-V ETIMANTA.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA ETIMANTA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (555kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN ETIMANTA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPAS Di Kelas IV SD Negeri 104221 Desa Hulu T.P 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian pretest dan postest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104221 Desa Hulu T.P 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa (11 laki-laki dan 10 perempuan) dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa (7 laki-laki dan 13 perempuan). Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan jkelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolut dan frekuensi relatif kemudian digambarkan kedalam bentuik diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Team Games Tournament (TGT) di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara 2 faktor dengan α = 0,05 dan dk (21-1) sehingga diperoleh nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, dengan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 70,48 dengan Kriteria Penilaian dan memperoleh predikat B dan eksperimen = 81,45 dengan Kriteria Penilaian dan memperoleh predikat B. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai Thitung = 3,82 dan nilai Ttabel = 2,02 karena Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan Model Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPAS Di Kelas IV SD Negeri 104221 Desa Hulu T.P 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Team Games Tournament (TGT) Model, Science Lessons | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Etimanta | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 07:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 May 2025 07:13 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |