PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 104221 DESA HULU T.P 2024/2025

SINUBULAN,ETIMANTA, 2105030350 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 104221 DESA HULU T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITS QUALITY.

[img] Text
COVER ETIMANTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_Etimanta.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (773kB)
[img] Text
BAB I ETIMANTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (582kB)
[img] Text
BAB II ETIMANTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (843kB)
[img] Text
BAB III-V ETIMANTA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ETIMANTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB)
[img] Text
LAMPIRAN ETIMANTA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPAS Di Kelas IV SD Negeri 104221 Desa Hulu T.P 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian pretest dan postest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104221 Desa Hulu T.P 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa (11 laki-laki dan 10 perempuan) dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa (7 laki-laki dan 13 perempuan). Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan jkelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolut dan frekuensi relatif kemudian digambarkan kedalam bentuik diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Team Games Tournament (TGT) di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara 2 faktor dengan α = 0,05 dan dk (21-1) sehingga diperoleh nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, dengan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 70,48 dengan Kriteria Penilaian dan memperoleh predikat B dan eksperimen = 81,45 dengan Kriteria Penilaian dan memperoleh predikat B. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai Thitung = 3,82 dan nilai Ttabel = 2,02 karena Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan Model Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPAS Di Kelas IV SD Negeri 104221 Desa Hulu T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Team Games Tournament (TGT) Model, Science Lessons
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKrista Surbakti, S.Pd, M.Sikrista.surbakti8484@gmail.com0110078402
Pembimbing IIDrs.Yason Mendrofa, M.Pdyasonmendrofa@gmail.com0102075901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Etimanta
Date Deposited: 09 May 2025 07:13
Last Modified: 09 May 2025 07:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3491

Actions (login required)

View Item View Item