SEMBIRING, ANDREYANI KRISTINA, 2105030211 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SD NEGERI 091368 SARIBUDOLOK T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (183kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (553kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (270kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis digital terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II di SD Negeri 091368 Saribudolok. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keterampilan membaca siswa akibat metode pembelajaran konvensional yang cenderung berpusat pada guru dan minimnya penggunaan media pembelajaran inovatif. Dalam penelitian ini, media pembelajaran digital dibandingkan dengan media cetak untuk mengukur efektivitasnya terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan dua kelas, yaitu kelas II-A sebagai kelas kontrol yang menggunakan media cetak dan kelas II-B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media digital. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan keterampilan membaca siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test siswa kelas II-B (79,93) lebih tinggi dibandingkan kelas II-A (73,85). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis digital memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya media digital dalam meningkatkan motivasi siswa untuk membaca dan membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Media digital memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif, sehingga dapat mengatasi kendala rendahnya minat membaca siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi guru dan sekolah untuk memanfaatkan media digital secara optimal dalam pembelajaran membaca di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Key Word: Digital Learning Media, Earlly Reading Skills. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Andreyani Kristina | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 02:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 May 2025 02:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |