PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 065011 MEDAN SELAYANG T.A 2024/2025

Renata Emilia Purba, Renata (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 065011 MEDAN SELAYANG T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER RENATA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (782kB)
[img] Text
ABSTRAK RENATA.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 1 RENATA.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB 2 RENATA.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB 3-5 RENATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text
DAPUS RENATA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LAMPIRAN RENATA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari Untuk mengetahui hasil belajar Siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a match berbantuan media Flashcard pada mata Pelajaran IPAS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 43 orang yang terbagi menjadi dua kelas dan dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian menggunakan tes yang berjumlah 5 soal dengan level kognitif C3 dan C4. Berdasarkan penelitian diketahui hasil uji hipotesis yang diperoleh Posttest t_hitung > t_tabel = 6,13 > 2,020 yang artinya H_o ditolak dan H_1 diterima. maka disimpulkan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a match berbantuan media Flashcard terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas V UPT SD Negeri 065011 Medan Selayang Tahun Ajaran 2024/2025. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe make a match, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes, Make a match type cooperative learning model, Social Sciences Learning.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN.103118701
UNSPECIFIEDARAS FIRDAUS, S.H., M.Hrechtraz@gmail.comNIDN.0104019002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username renata
Date Deposited: 09 May 2025 05:24
Last Modified: 09 May 2025 05:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item