PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALLTHROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 060973 ASAM KUMBANG T.P 2024/2025

MONIKA,AGNES, 2105030359 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALLTHROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 060973 ASAM KUMBANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITS QUALITY.

[img] Text
COVER Agnes.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (266kB)
[img] Text
ABSTRAK ANGNES.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (87kB)
[img] Text
BAB I Agnes.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (167kB)
[img] Text
bab II Agnes.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB)
[img] Text
BAB III - V Agnes.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Agnes.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN Agnes.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (629kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS dengan menggunkan model pembelajaran Snowbal Throwing berbantuan media audio visual, untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model Snowball Throwing tanpa berbantuan media audio visual, untuk mengetahui siknifikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS dengan menggunakan model Snowball Throwing berbantuan media audio visual pada siswa kelas IV SD Negeri 060973 Asam Kumbang T.A 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini iyaitu siswa sebanyak 2 kelas yang dikategorikan dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas IV-A berjumlah 25 siswa dan kelas IV-B berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah Tes berbentuk pilihan berganda. Hasil nilai rata-rata tes yang diproleh kelas IV-A 82 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan model Snowball Throwing berbantuan media audio visual dan kelas IV-B bernilai 70 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan kedalam bentuk diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Snowball Throwing berbantuan media audio visual dikelas eksperimen dan pembelajaran konvensional dikelas control. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara 2 faktor dengan a = 0.05 dan dk (25-1) sehingga diperoleh x_hitung (x^2) 2,019 > x^2 tabel = 1,70 maka H_o ditolak dan H_1 diterima artinya ada pengaruh yang siknifikan penggunaan model Snowball Throwing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 060973 Asam Kumbang T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Influence, Snowball Throwing, IPAS, Learning Results
Subjects: 000 Generalities
000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd, M.Pdtiolinahotma@gmail.com0112078003
Pembimbing IIRestio Sidebang, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.com0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: agnes monika
Date Deposited: 09 May 2025 07:27
Last Modified: 09 May 2025 07:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item