PURBA, MELIANA PUTRI, 21050020003 (2025) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WILAYAH KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DI KELAS VII SMP SWASTA MASEHI MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (235kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (354kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (107kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (372kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada materi Wilayah Kesatuan Republik Indonesia di kelas VII SMP Swasta Masehi Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dan pendekatan one-group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 41 orang. Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk mengerjakan proyek yang berfokus pada penggalian informasi terkait wilayah Indonesia, yang kemudian dipresentasikan di depan kelas. Hasil observasi menunjukkan bahwa 85% siswa aktif berpartisipasi dalam diskusi kelompok, dan 90% siswa mampu menyelesaikan proyek sesuai jadwal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa sebelum penerapan metode pembelajaran berbasis proyek adalah 65, dengan hanya 40% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah penerapan, rata-rata nilai meningkat menjadi 80, dengan 85% siswa mencapai KKM. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penerapan metode pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, angket menunjukkan bahwa 88% siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar menggunakan metode ini.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Project-Based Learning Method, Learning Outcomes, Unitary State of the Republic of Indonesia, Critical Thinking. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PKn | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Meliana Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 09:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 May 2025 09:56 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |