PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SDN 060952 MEDAN T.P 2024/2025

HANUM, PUTRI LATIFAH, 2105030329 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SDN 060952 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (889kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (507kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (606kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (858kB)
[img] Text
BAB III (1)_merged.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (594kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
Official URL: https://www.universitasquality.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) pada siswa kelas V UPT SDN 060952 Medan pada tahun ajaran 2024/2025. Media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pemahaman materi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 18 orang, dan media yang dikembangkan diuji coba secara terbatas untuk mengetahui efektivitas serta kelayakannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Canva dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPAS, serta mempermudah pemahaman materi yang disampaikan. Berdasarkan uji validitas yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta umpan balik dari siswa, media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Penelitian ini menyarankan agar penggunaan media interaktif berbasis Canva dapat diterapkan lebih luas di sekolah-sekolah, khususnya dalam pembelajaran IPAS, guna menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning media development, Canva, IPAS, interactive learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IR.L. Holmes Parhusip, S.Pd,. M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN. 0128098002
Pembimbing IIDrs. Hartono Sembiring, M.Pdono366@gmail.comNIDN. 19065702/ NIP. 195706191990031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PUTRI LATIFAH HANUM
Date Deposited: 09 May 2025 09:25
Last Modified: 09 May 2025 09:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3610

Actions (login required)

View Item View Item