PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SD NEGERI 104221 DESA HULU T.A 2024/2025

SITEPU, VYDELA AYDINA SELASIH, 2105030328 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SD NEGERI 104221 DESA HULU T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (941kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (600kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (526kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (572kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Numbered Head Together, hasil belajar siswa tanpa dengan menggunakan Model tersebut , dan pengaruh Model Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 104221 Desa Hulu Tahun Ajar 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan postest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104221 Desa Hulu Tahun Ajar 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 17 siswa dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 19 siswa. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, dengan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 51,17 dan eksperimen = 82,63. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai Thitung = 5,900 dan nilai Ttabel = 2,093 karena Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan Model Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 104221 Desa Hulu Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Numbered Head Together Method, Social Studies Lessons
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKrista Surbakti, S.Pd, M.SiKristaSurbakti@gmail.comNIDN. 0110078402
UNSPECIFIEDDrs Yason Mendrofa, M.Pdyasonmendrofa@gmail.comNIDN. 0102075901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: VYDELA AYDINA SELASIH SITEPU
Date Deposited: 09 May 2025 09:22
Last Modified: 09 May 2025 09:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item