SITEPU, VYDELA AYDINA SELASIH, 2105030328 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SD NEGERI 104221 DESA HULU T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (941kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (600kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (526kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (572kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Numbered Head Together, hasil belajar siswa tanpa dengan menggunakan Model tersebut , dan pengaruh Model Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 104221 Desa Hulu Tahun Ajar 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan postest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104221 Desa Hulu Tahun Ajar 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 17 siswa dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 19 siswa. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, dengan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 51,17 dan eksperimen = 82,63. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai Thitung = 5,900 dan nilai Ttabel = 2,093 karena Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan Model Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 104221 Desa Hulu Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Numbered Head Together Method, Social Studies Lessons | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | VYDELA AYDINA SELASIH SITEPU | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 09:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 May 2025 09:22 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |