EMIA NOVIKA, 2105030412 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT SIFAT BENDA SISWA KELAS 3 DI SD NEGERI 104217 SIDOMULYO T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (237kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (144kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (406kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (86kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (589kB) |
Abstract
Hasil pembelajaran IPA di SD Negeri 104217 Sidomulyo masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Benda Siswa Kelas III Di SD Negeri 104217 Sidomulyo TP. 22024/2025. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III, dengan sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw berjumlah 20 orang siswa dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional berjumlah 25 orang siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan nilai pretest kelas III-A adalah 50,8 dan di nilai pretest di kelas III-B adalah 80,25. Untuk hasil posttest di kelas Kontrol memperoleh hasil 56,2 dan di kelas eksperimen memperoleh hasil 86,25. Hasil uji t-test independen menunjukkan nilai t-hitung > t-tabel = 2,100 > 1,734 dengan α = 0,05, yang berarti penggunaan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Materi Sifat-sifat Benda. Oleh karena itu, model ini disarankan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Jigsaw Model, Learning Outcomes, Science | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | EMIA - NOVIKA | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 May 2025 03:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 May 2025 03:04 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |