PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENYAMPAIKAN PENDAPAT TERTULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 060833 MEDAN PETISAH T.P 2024/2025

PINEM, ESTER OKTAVIA BR, 2105030003 (2025) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENYAMPAIKAN PENDAPAT TERTULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III UPT SD NEGERI 060833 MEDAN PETISAH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi, 2) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan media animasi, 3) Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III UPT SD Negeri 060833 Medan Petisah T.P 2025/2025. Penelitian menggunakan metode Quasi eksperimen (Eksperimen semu). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan Media Animasi dan kelas kontrol tidak menggunakan media animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signitifikan pada kemampuan menyampaikan pendapat siswa di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-tes kelas eksperimen mencapai 90,12 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 74,09. Penggunaan Media Animasi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Media Animasi dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat siswa, sehingga penggunaan Media Animasi berpengaruh positif dan signitifikan terhadap kemampuan Menyampaikan Pendapat Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Upt Sd Negeri 060833 Medan Petisah T.P 2025/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Animation Media, Learning Outcomes Ability to Express Opinions
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHASNI SUCIAWATI, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN 0104048903
Pembimbing IIRITA HERLINA BR PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ESTER OKTAVIA BR PINEM
Date Deposited: 10 May 2025 04:29
Last Modified: 10 May 2025 04:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3637

Actions (login required)

View Item View Item