TOBING, RINDI ERNA LUSIANA BR, 2105030083 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI EDUKATIF BERBANTUAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS III UPT SD NEGERI 064026 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (232kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (65kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (364kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (64kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi edukatif berbantuan powtoon terhadap hasil belajar siswa materi wujud benda mata pelajaran IPA kelas III Upt SD Negeri 064026 Medan Tuntungan tahun ajaran 2024/2025. Peneliti menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III dengan sampel dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran video dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 82,60, lebih tinggi dibandingkan kelas Kontrol sebesar 58,18. Penggunaan media video animasi edukatif berbantuan powtoon terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi edukatif berbantuan powtoon dapat menjadi alternatife media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA, sehingga penggunaan media pembelajaran video animasi edukatif berbantuan powtoon berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi wujud benda siswa kelas III SDN 064026 Medan Tuntungan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Educational Animation Video Media, Powtoon, Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Rindi Erna Lusiana | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 May 2025 04:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 May 2025 04:46 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |