PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD SWASTA GKPS SARIBUDOLOK T.P 2024/2025

MANALU, SONDANG MAWARNI, 2105030125 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD SWASTA GKPS SARIBUDOLOK T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (241kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (294kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (713kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi Sistem Pernapasan Manusia kelas V SD SWASTA GKPS SARIBUDOLOK. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode eksperimen. Dan instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes essay yaitu melihat hasil kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel V-A 35 orang siswa dan V-B 32 orang siswa. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan metode Inquiry dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunaksan metode Inquiry memperoleh nilai rata-rata 77,125, termasuk kriteria tinggi, sedangkan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 66,428 termasuk kriteria rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang Signifikan penggunaan metode Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan Manusi akelas V SD SWASTA GKPS SARIBUDOLOK Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Conventional Method, Inquiry Method, Learning Outcomes, IPAS
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRINCI SIMBOLON, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN 121118703
Pembimbing IIDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN 103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SONDANG MAWARNI MANALU
Date Deposited: 12 May 2025 03:48
Last Modified: 12 May 2025 03:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3655

Actions (login required)

View Item View Item