PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.P.2024/2025

GINTING, GERA EVIOLANI, 2205030445 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.P.2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (388kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (125kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (161kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran problem based lerarning pada materi berwirausaaha dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 064023 kemenangan tani tahun pelajaran 2024/2025. 2) Gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa tanpa model pembelajaran problem based lerarning pada materi berwirausaaha dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 064023 kemenangan tani tahun pelajaran 2024/2025. 3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi belajar berwirausaha siswa kelas V SDN 064023 kemenangan tani tahun pelajaran 2024/2025. Lokasi penelitian di sekolah SDN 064023 Kemenangan Tani Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan rancangan penelitian pre test dan post test. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 064023 Kemenangan Tani, Kec Medan Tuntungantahun pelajaran 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani, berjumlah 60 siswa, sampel penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 orang siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah kelas 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum memulai pembelajaran kedua kelas diberi soal pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. hasil nilai rata-rata pretest siswa kelas VA yaitu 42,8 dan nilai rata-rata siswa kelas VB yaitu 45,5. setelah kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, maka diperoleh rata-rata kelas VA dengan menggunakan model 90,83 dan nilai rata-rata kelas VB dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 80,16, nilai rata-rata hasil belajar kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kemampuan berpikir menggunakan pembelejaran konvensional. Hasil data postes, uji pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t di peroleh, thitung > ttabel atau 5,76 > 1,67 maka Ho ditolak dan H1 diterima atau ada pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif Bahasa Indonesia materi Mari Belajar Berwirausaha kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani, 2024/2025

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Creative thinking skills, Problem Based Learning model, Indonesian language lessons
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: GERA EVIOLANI GINTING
Date Deposited: 12 May 2025 08:21
Last Modified: 12 May 2025 08:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item View Item