SITUMORANG,ENJELINA, 2105030153 (2025) PENGARUH MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V UPT SDN 067246 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (954kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (965kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (375kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media papan pintar mata pelajaran PKn V UPT SDN 067246 Kec Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2024/2025, 2. Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media papan pintar pada mata pelajaran PKn di kelas V UPT SDN 067246 Kec Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2024/2025, 3. Mengetahui Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media papan pintar pada mata pelajaran PKn di kelas V UPT SDN 067246 Kec Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan media papan pintar yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Sebelum kedua kelas diberikan perlakuan yang sangat berbeda terlebih dahulu kedua kelas yaitu kelas V-A dan V-B diberikan tes awal yang memperoleh nilai rata-rata pre-test kelas V-A 40,84 dan nilai rata-rata kelas V-B 43,12. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh rata-rata post-test kelas V-A 80,24 pada kelas yang menggunakan media papan pintar dan diperoleh nilai rata-rata kelas V-B 60,2 pada kelas tanpa menggunakan media papan pintar. Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar dengan jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai signifikan, pengujian hipotesis menggunakan uji T. Sehingga diperolehkan data nilai Posttest kelas V-A dan V-B yaitu Thitung = 6,23 dan nilai Ttabel = 2,01 maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh media papan pintar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di UPT SDN 067246 Kec Medan Tuntungan T.P 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Learning Outcomes, Smart Board Media | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ENJELINA - SITUMORANG | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 May 2025 02:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 May 2025 02:47 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |