PENGARUH MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V UPT SDN 067246 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025

SITUMORANG,ENJELINA, 2105030153 (2025) PENGARUH MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V UPT SDN 067246 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (954kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (374kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (965kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (375kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media papan pintar mata pelajaran PKn V UPT SDN 067246 Kec Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2024/2025, 2. Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media papan pintar pada mata pelajaran PKn di kelas V UPT SDN 067246 Kec Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2024/2025, 3. Mengetahui Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media papan pintar pada mata pelajaran PKn di kelas V UPT SDN 067246 Kec Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan media papan pintar yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Sebelum kedua kelas diberikan perlakuan yang sangat berbeda terlebih dahulu kedua kelas yaitu kelas V-A dan V-B diberikan tes awal yang memperoleh nilai rata-rata pre-test kelas V-A 40,84 dan nilai rata-rata kelas V-B 43,12. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh rata-rata post-test kelas V-A 80,24 pada kelas yang menggunakan media papan pintar dan diperoleh nilai rata-rata kelas V-B 60,2 pada kelas tanpa menggunakan media papan pintar. Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar dengan jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai signifikan, pengujian hipotesis menggunakan uji T. Sehingga diperolehkan data nilai Posttest kelas V-A dan V-B yaitu Thitung = 6,23 dan nilai Ttabel = 2,01 maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh media papan pintar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di UPT SDN 067246 Kec Medan Tuntungan T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Smart Board Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ITina Sheba Cornelia Sitompul, S.Pd., M.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN. 0120058705
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, S.Pd., M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ENJELINA - SITUMORANG
Date Deposited: 14 May 2025 02:47
Last Modified: 14 May 2025 02:47
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3672

Actions (login required)

View Item View Item