PENGARUH METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD MELALUI CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS FAKTA DAN OPINIPADASISWA KELASIV PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA SDN105265SUKA MAJU T.A2024/2025

NOVITA TRIA ANGGRAINI, 2105030022 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD MELALUI CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS FAKTA DAN OPINIPADASISWA KELASIV PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA SDN105265SUKA MAJU T.A2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (411kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (428kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (60kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (949kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan dalam penelitan ini yaitu, Untuk mengetahui kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SDN 105265 suka maju terhadap penggunaan metode konvensional dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan untuk mengetahui kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SD 105265 suka maju dalam pelajaran Bahasa Indonesia metode reading aloud. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest and pottest group design. Sebelum peneliti memulai pembelajaran kedua kelas diberi tes awal sehingga diperoleh hasil nilai rata-rata tes awal kelas IV B yaitu 38,2 dan nilai ratarata kelas IV A 40 berdasarkan tabel frekuensi pre test kelas IV B dan IV A maka dari hasil pre test dapat disimpulkan Kemampuan memahami siswa kelas IV B dan IV A mempunyai Kemampuan memahami yang sama. Setelah melaksanakan pre test maka peneliti melakukan pembelajaran di kelas IV B dengan menggunakan metode reading aloud melalui cerita gambar, maka dilakukan post test di kelas IV B dan di kelas IV A, hasil nilai rata-rata post test kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan metode reading aloud melalui cerita gambar 86,6 dan nilai rata-rata kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa menceritakan kembali yaitu 75. Oleh sebab itu dapat disimpulkan hasil penelitian pengaruh Metode Pembelajaran Reading Aloud Melalui Cerita Gambar Terhadap Kemampuan Memahami Isi Teks Fakta dan Opini pada Siswa Kelas IV Pembelajaran Bahasa Indonesia SDN 105265 Suka Maju T.A 2024/2025, menyatakan ada pengaruh terhadap metode pembelajaran reading aloud.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Ablity to understand content Reading Aloud Method, Indonesia Langguge learning.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. EDUARD, M.Sieduardsimatupang@gmail.comNIDN 0023126601
Pembimbing IIRITA HERLINA BR PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Novita Tria Anggraini
Date Deposited: 13 May 2025 05:47
Last Modified: 13 May 2025 05:47
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3673

Actions (login required)

View Item View Item