NOVITA TRIA ANGGRAINI, 2105030022 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD MELALUI CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS FAKTA DAN OPINIPADASISWA KELASIV PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA SDN105265SUKA MAJU T.A2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (411kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (61kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB III - V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (346kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (60kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (949kB) |
Abstract
Tujuan penelitian yang dilakukan dalam penelitan ini yaitu, Untuk mengetahui kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SDN 105265 suka maju terhadap penggunaan metode konvensional dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan untuk mengetahui kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SD 105265 suka maju dalam pelajaran Bahasa Indonesia metode reading aloud. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest and pottest group design. Sebelum peneliti memulai pembelajaran kedua kelas diberi tes awal sehingga diperoleh hasil nilai rata-rata tes awal kelas IV B yaitu 38,2 dan nilai ratarata kelas IV A 40 berdasarkan tabel frekuensi pre test kelas IV B dan IV A maka dari hasil pre test dapat disimpulkan Kemampuan memahami siswa kelas IV B dan IV A mempunyai Kemampuan memahami yang sama. Setelah melaksanakan pre test maka peneliti melakukan pembelajaran di kelas IV B dengan menggunakan metode reading aloud melalui cerita gambar, maka dilakukan post test di kelas IV B dan di kelas IV A, hasil nilai rata-rata post test kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan metode reading aloud melalui cerita gambar 86,6 dan nilai rata-rata kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa menceritakan kembali yaitu 75. Oleh sebab itu dapat disimpulkan hasil penelitian pengaruh Metode Pembelajaran Reading Aloud Melalui Cerita Gambar Terhadap Kemampuan Memahami Isi Teks Fakta dan Opini pada Siswa Kelas IV Pembelajaran Bahasa Indonesia SDN 105265 Suka Maju T.A 2024/2025, menyatakan ada pengaruh terhadap metode pembelajaran reading aloud.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Ablity to understand content Reading Aloud Method, Indonesia Langguge learning. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Novita Tria Anggraini | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2025 05:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2025 05:47 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |