PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASITERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 060937 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Bangun,junita Br, 2105030340 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASITERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 060937 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER JUNITA-4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (586kB)
[img] Text
ABSTARAK JUNITA-3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (199kB)
[img] Text
BAB I Junita.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB II JUNITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (462kB)
[img] Text
BAB III- V junitaa.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Junita.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN JUNITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi siswa pada materi kalimat efektif dengan menggunakan media game edukasi pada siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan T.P 2024/2025, Kemampuan literasi siswa pada materi kalimat efektif dengan menggunakan media game edukasi pada siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan Terdapat ada pengaruh penggunaan Media game edukasi terhadap Kemampuan literasi siswa pada materi kalimat efektif mata pelajarab Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 060937 Medan T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 1 kelas. Dengan jumlah 24 siswa. Instrumen atau alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rubrik penilaian, Data diuji dengan penilaian uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian sebagai berikut yakni Kemampuan literasi siswa pada materi kalimat efektif dengan menggunakan media game edukasi siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan T.P 2024/2025. Nilai rata-rata kemampuan literasi siswa sebelum menggunakan media pembelajaran game edukasi pada materi kalimat efektif Bahasa Indonesia di kelas 1V SD Negeri 060937 Medan T.P 2024/2025 adalah 65,08 kategori tinggi, Sedangkan nilai rata-rata kemampuan lietrasi setelah menggunakan menggunakan media pembelajaran game edukasi terhadap kemampuan literasi Bahasa Indonesia materi kalimat efektif di kelas 1V adalah 86,58. Adanya pengaruh yang signifikan media pembelajaran game edukasi terhadap kemampuan literasi Bahasa Indonesia materi kalimat efektif di kelas 1V SD Negeri 060937 Medan T.P 2024/2025. Kata Kuci : Bahasa Indonesia,Media game edukasi,Pengaruh

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Zahara H. Harahap, S.Pd.,M.Pdzahraharahap.zh@gmail.comNIP.0114078802
Pembimbing IIIrwansyah, S.Pd.,M.Pdiirwan135@gmail.comNIP.0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Junita
Date Deposited: 16 May 2025 02:34
Last Modified: 16 May 2025 02:34
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3720

Actions (login required)

View Item View Item