BARUS,RAMIDA PERBINA BR, 2105030009 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV UPT SD NEGRI 104269 PINTU BESI T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
Cover_Ramida .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK RAMIDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB I RAMIDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB II RAMIDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (530kB) |
![]() |
Text
BAB III-V RAMIDA.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (771kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA RAMIDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (179kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN RAMIDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104269 Pintu Besi Tahun Pembelajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 6-7 Desember 2024. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tehnik total sampling yaitu seluruh anggota populasi dengan sebanyak 24 siswa kelas IV-A dan 22 siswa kelas IV-B. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum pembelajaran dimulai, rata-rata nilai tes awal kelas IV-A adalah 50, sedangkan kelas IV-B adalah 45,5. Setelah pelaksanaan pembelajaran, hasil tes akhir menunjukkan bahwa kelas IV-A diajarkan dengan Metode konvensional memperoleh rata-rata nilai 70. Sementara itu, kelas IV-B yang diajarkan dengan model pembelajara Mind Mapping memperoleh rata-rata nilai 81,27. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh signifikan terhadap Hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 104269 Pintu Besi Tahun pembelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping Model,Learning Outcomes,Science | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with email Ramida perbina | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 May 2025 01:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 May 2025 01:45 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |