PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV UPT SD NEGRI 104269 PINTU BESI T.P 2024/2025

BARUS,RAMIDA PERBINA BR, 2105030009 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV UPT SD NEGRI 104269 PINTU BESI T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover_Ramida .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK RAMIDA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
BAB I RAMIDA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB)
[img] Text
BAB II RAMIDA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (530kB)
[img] Text
BAB III-V RAMIDA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (771kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RAMIDA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN RAMIDA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 104269 Pintu Besi Tahun Pembelajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 6-7 Desember 2024. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tehnik total sampling yaitu seluruh anggota populasi dengan sebanyak 24 siswa kelas IV-A dan 22 siswa kelas IV-B. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum pembelajaran dimulai, rata-rata nilai tes awal kelas IV-A adalah 50, sedangkan kelas IV-B adalah 45,5. Setelah pelaksanaan pembelajaran, hasil tes akhir menunjukkan bahwa kelas IV-A diajarkan dengan Metode konvensional memperoleh rata-rata nilai 70. Sementara itu, kelas IV-B yang diajarkan dengan model pembelajara Mind Mapping memperoleh rata-rata nilai 81,27. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh signifikan terhadap Hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 104269 Pintu Besi Tahun pembelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping Model,Learning Outcomes,Science
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDIrwansyah S.Pd., M.Pd, S.Pd., M.PdIrwansyah@gmail.com0115098701
UNSPECIFIEDRenato Gema Nugraha Hutabarat, Ss.,M.PdRenato@gmail.com0106058403
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email Ramida perbina
Date Deposited: 17 May 2025 01:45
Last Modified: 17 May 2025 01:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3742

Actions (login required)

View Item View Item