SITEPU, BREMA ALEXANDER, 2105030159 (2025) PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR SWASTA RK SANTA MARIA NAMORAMBE T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (255kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (23kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (71kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (279kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (194kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (463kB) |
Abstract
Matematika merupakan sebuah ilmu yang membahas tentang ilmu-ilmu perhitungan. Banyak orang yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, menakutkan, mudah bosan dan tidak menyenangkan. Agar siswa tidak mudah bosan, sebagai seorang guru hendaknya dapat mengelola kelas dengan baik. Oleh karena itu, penggunaan metode dalam pembelajaran sangat perlu diperhatikan agar teknik penyajian bahan pelajaran yang akan digunakan guru tepat dan sesuai materi pelajaran. Penggunaan metode yang tepat juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika yaitu dengan menggunakan metode jarimatika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas Kelas IV di SD Swasta RK Santa Maria Namorambe. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Kelas IV di SD Swasta RK Santa Maria Namorambe. Sampel dalam penelitian kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan metode jarimatika, kelas IV B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, karena data tidak berdistribusi normal maka peneliti menguji hipotesis analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analilis data Terdapat efektivitas penerapan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa karena memiliki peningkatan peningkatan Persentase peningkatan N-gain kemampuan berhitung siswa di kelas eksperimen adalah 67,15% dan di kelas kontrol 11,14%. Presentase peningkatan N-gain per aspek berhitung memiliki peningkatan tertinggi dengan 68%.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Numeracy Ability Results, Jarimatika Method | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | BREMA ALEXANDER SITEPU | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 May 2025 10:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 May 2025 10:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |