RAYANI MAS ANGGITA DAMANIK, 2105030353 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI PROSES FOTOSINTESIS TUMBUHAN KELAS V SD NEGERI 060919 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (185kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (860kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (158kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis palikasi canva pada materi proses fotosintesis tumbuhan kelas V SD Negeri 060919 Medan dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 060919 Medan. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran vieo animasi berbasis aplikasi canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Develoment (R&D) dengan model PPE yang mencakup tiga lagkah antara lain: Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui dengan menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi, sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas V dan peserta didik kelas V SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi canva pada materi proses fotosintesis tumbuhan kelas V SD “Sangat Valid” dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 98,1% dengan kategori “Sangat Valid”, oleh ahli materi tahap I dihasilkan 86,5% dengan kategori “Sangat Valid” kemudian setelah revisi validasi ahli materi tahap II dihasilkan 94,2% dengan kategori “sangat valid”. Rincian persentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas V SD melalui angket Respon Guru sebesar 96% dengan kategori “Sangat Praktis” dan Respon peserta didik kelas V SD dengan subjek penelitian 4 siswa sebesar 88,7% dengan kategori “Sangat Praktis”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi canva pada materi proses fotosintesis tumbuhan kelas V SD Negeri 060919 Medan “Sangat Valid” dan “Sangat Praktis” digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Learning Media, growth photosynthesis process, animation video based on canva application | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | RAYANI MAS ANGGITA DAMANIK | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 May 2025 02:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 May 2025 02:47 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |