PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 060827 MEDAN AMPLAS T. A 2024/2025

Manalu, Rivaldo Jeremia, 2105030427 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 060827 MEDAN AMPLAS T. A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
Abstrak (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (565kB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
Bab III - V (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (623kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 060827 MEDAN AMPLAS T. A 2024/2025 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas IVSDN 060827 Medan Amplas T.A 2024/2025.Desain penelitian yang dipilih adalah desain penelitianpretest-posttest control group designdengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Teka-teki silang sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)tanpa berbantuan media Teka-teki silang.Setelah dilakukan perbandingan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan, diperoleh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Teka-teki silang lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)tanpa berbantuan media Teka-teki silang.Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 3,13 dan ttabel = 2,01 maka nilai thitung > ttabel atau 3,13 > 2,01. Sehingga diterima Ha atau ada Pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas IVSDN 060827 Medan Amplas T.A 2024/2025. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Teka-teki Silang

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Problem-Based Learning, Crossword Puzzle
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd., M.Pdtiganrupina@mail.comNIDN 111108901
Pembimbing IIVera Dewi Ompusuunggu, S.Pd., M.Pdnasranidua_ompusunggu@yahoo.comNIDN 121048704
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Rivaldo Jeremia
Date Deposited: 17 May 2025 03:15
Last Modified: 17 May 2025 03:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item