PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK DIGITAL PADA MATERI BANGUNRUANG KELAS VI SD NEGERI 060919 MEDAN T.P 2024/2025

RODEARNA SIPAYUNG, 2105030177 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK DIGITAL PADA MATERI BANGUNRUANG KELAS VI SD NEGERI 060919 MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (223kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (431kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (56kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook digital pada materi bangun ruang kelas VI SD Negeri 060919 Medan dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 060919 Medan. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis flipbook diggital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Develoment (R&D) dengan model PPE yang mencakup tiga lagkah antara lain: Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui dengan menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi, sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas VI dan peserta didik kelas VI SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook digital pada materi bangun ruang kelas VI SD “Sangat Valid” dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 93,7% dengan kategori “Sangat Valid”, oleh ahli materi dihasilkan 90% dengan kategori “Sangat Valid”. Rincian persentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas VI SD melalui angket Respon Guru sebesar 100% dengan kategori “Sangat Praktis” dan Respon peserta didik kelas VI SD dengan subjek penelitian 6 siswa sebesar 89,1% dengan kategori “Sangat Praktis”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook digital pada materi bangun ruang kelas VI SD Negeri 060919 Medan “Valid” dan “Praktis” digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bangun Ruang, Flipbook Digital, Media Pembelajaran
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHASNI SUCIAWATI, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN 0104048903
Pembimbing IISITI RAKIYAH, S.Pd., M.HumSitirakiyah09@gmail.comNIDN 110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RODEARNA - SIPAYUNG
Date Deposited: 17 May 2025 07:02
Last Modified: 17 May 2025 07:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3780

Actions (login required)

View Item View Item